Bakso Klenger Ratu Sari II: Mengulas Kenangan


Bakso Klenger Ratu Sari II
Bakso Klenger Ratu Sari II
Tempat Makan Terdekat – Bakso Klenger Ratu Sari II. Siapa yang tak kenal dengan tempat makan bakso di Yogyakarta yang satu ini.
Bakso Klenger Ratu Sari, atau yang lebih dikenal dengan bakso klenger Jogja. Salah satu tempat makan bakso yang super mengenyangkan dengan harga murah dan rasa yang wah.
Bakso klenger merupakan salah satu tempat makan bakso super jumbo di Jogja. Tempat makan ini memiliki dua tempat.
Ada cabang pertama dan membuka baru lagi cabang kedua yang juga menjadikan tempat makan bakso hits di Jogja ini disebut sebagai tempat makan romantis.
Sudah ada banyak yang mengulas tentang tempat ini, dari blogger receh seperti saya, sampai media nasional, dari koran, online, hingga televisi.
Bahkan, saya juga mengetahui informasi ini dari cuitan blogger TempatMakanRomantis.com yakni, dengan judul blognya Bakso Klenger Jogja, Tempat Makan Romantis di Yogyakarta.
Dan ketika datang ke lokasi, benar-benar ajib dari rekomendasi sang blogger, sampai menikmati langsung benar-benar pas. Tapi saya singgah di Bakso Klenger Ratu Sari II, yang disebut sebagai Tempat Makan Romantis di Yogyakarta.
Sebab, di cabang pertama, saya datang masih dalam keadaan tutup. Apakah sudah pindah atau seperti apa saya belum tahu?
Tapi yang jelas, berikut catatan saya di Bakso Klenger Ratu Sari II atau bakso klenger Jogja ini:

Bakso Klenger Ratu Sari II

Alamat Bakso Klenger Ratu Sari Yogyakarta

Berdasarkan informasi pertama, dari si mbah google, alamat bakso klenger Ratu Sari ini atau alamat bakso klenger Jogja ini berada di di Nologaten, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Ternyata itu yang pertama. Dan saat saya datang tutup. Saya coba cari informasi kedua, bekal saya dari teman-teman blogger dan petunjuk google map.
Dan akhirnya saya bertemulah dengan Bakso Klenger Ratu Sari II. Alamat Bakso Klenger II ini berada di Wahid Hasyim, Nomor 296. Tak jauh dari lokasi pertama.
Ketika sudah sampai, ada tulisan besar untuk petunjuk bahwa tempat inilah yang saya cari. Tepatnya berada di kawasan Perumnas Mundu Saren Seturan atau di Jl. Perumnas Mundu Saren Seturan.

Cara Pesan Bakso Klenger Jogja

Jika sudah menemukan tempat makan bakso di Yogyakarta yang satu ini artinya sudah bisa memilih menu bakso yang akan disantap nih. 
Saya sampai, dan saya mencari tempat duduk. Versinya klasik dan tradisional kejawen. Ciri khas Jogja.
Cara pesan saya sederhana dengan sigap pelayan menghampiri, menawarkan menu apa yang akan dibeli, dan menjelaskan tentang produk baksonya.
Saya akhirnya memesan tanpa ragu. Kebetulan saya sama teman saya. Saya dilihatkan aneka macam menu makanan bakso, kurang lebihnya ada 20 varian menu bakso yang saya lihat. Berbeda-beda tapi tetap satu rasa daging sapi.
Setiap harga, beda ukuran dan isi, kalau saya boleh sebut ini seperti bakso beranak. Seperti bakso beranak pada umumnya. Tapi ini lebih komplit dan jumbo. Misal, seperti isi bakso-bakso kecil, telur ayam, beserta tetelan dan lain-lain sesuai dengan penyebutan namanya.
Saya pun pesan, yang bisa dimakan berdua:

Harga Bakso Klenger Ratu Sari II

Berikut harga-harga bakso klenger ratu sari II yang saya kerap beli, di antaranya, dari bakso biasa, yakni, dari bakso goreng yang harga bakso per porsinya adalah rp15 ribu.
Selanjutnya ada bakso buntut. Bakso buntut ini harga per porsinya dibandrol Rp30 ribu. Dan dari daftar harga bakso biasa ini juga ada jenis bakso kiki, bakso lidah, bakso tetelan dan bakso ceker. Untuk satu porsi bakso tersebut dihargai Rp20 ribu.
Lalu, berapa harga bakso klenger yang menjadi andalan di tempat ini? Harganya variasi. Penjual membandrolnya Rp30 ribu per porsi. 
Bakso Klenger tersebut berukuran 250 gram. Isiannya telur ayam, tetelan daging, mie kuning atau putih dan pangsit. Selanjutnya harga bakso klenger komplit. Per porsi Rp25 ribu.
Selain itu, ada juga, bakso klenger kentir atau bakso klenger petir. Harganya per porsinya Rp38 ribu. Isinya, bakso ukuran besar berisi telur dan tetelan daging yang dimasak dengan bumbu sangat pedas.
Tak sampai disini, masih ada lagi, seperti, bakso kelon yang harganya Rp38 ribu per porsi. Bakso Kencang (Klenger Cincang) harganya Rp35 ribu. 

Harga Bakso Super Jumbo di Bakso Klenger Jogja

Nih yang buat saya kaget dan bingung histeris. Bakso Klenger Xtra (Bakso Klenger ukuran 1/2 kg) yang harganya Rp70 ribu per porsi. Bakso ini memiliki ukuran 2x lipat, dengan berat 1/2 kg dan bakso ini dinikmati untuk 2 orang.
Ada juga Bakso Klenger Dahsyat 1 kg. Harga bakso klenger ukuran 1 kg di Ratu Sari ini adalah Rp100 ribu. Ukurannya super besar dengan berat 1 kg dan bisa dinikmati 4-5 orang.
Selain itu, ada bakso klenger ukuran 2 kg dengan harga per porsi Rp200 ribu, ukuran 3 kg Rp300 ribu, ukuran 4 kg harga Rp450 ribu.
Dan sebenarnya masih ada banyak lagi, bahkan ukuran 5-10 kg juga ada. Benar-benar besar. Tapi harus pesan.
Nah itulah kisah sedikit ulasan kenangan saya di Bakso Klenger Ratu Sari II. Selamat mencoba. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih. Salam. 

Baca Juga: Daftar Tempat Makan Dekat Stasiun Gambir Jakarta